Langsung ke konten utama

Setting Modem Bekas Indihome ZTE F609 Menjadi Akses Point

Cara Konfigurasi Modem Bekas IndiHome ZTE F609 Sebagai Access Point

Modem bekas apapun yang memiliki WiFi bisa dimanfaatkan sebagai Access Point, termasuk modem bekas IndiHome ZTE F609 ini. Bagaimana cara mengubahnya agar bisa dimanfaatkan menjadi Access Point? Yuk simak tutorial Cara Konfigurasi Modem Bekas IndiHome ZTE F609 Sebagai Access Point.

Apabila kalian pernah berlangganan internet tapi modem WiFi nya tidak diambil oleh ISP tempat kalian langganan internet, lumayan modem itu bisa kalian manfaatkan sebagai Access Point / penyebar sinyal WiFi. Daripada beli baru, mending memanfaatkan yang sudah ada kan? Termasuk ZTE F609 ini, bisa dimanfaatkan sebagai Access Point. Modem ini bisa juga kalian beli di toko online dengan harga yang relatif murah, mulai dari 70 ribu sampai 150 ribu, tergantung yang jual. Sedangkan saya dapat modem ZTE F609 ini dikasih oleh salah satu teman saya. Hehehe, lumayan gratis. Wokeh langsung saja ke Tutorial Cara Mengubah Modem Bekas IndiHome menjadi Access Point (AP).

ZTE F609 Sebagai Access Point

Sudah basa-basinya, sekarang langsung saja lanjut ke tutorial. Sebelumnya kalian harus menyiapkan hal-hal berikut.
  1. Modem ZTE F609
  2. Kabel LAN / Jaringan
  3. Komputer / Laptop
  4. Sedikit pengetahuan tentang IP Address
Sebelum memulai tutorialnya, pastikan kalian sudah melakukan Reset pada ZTE F609 ini, cara nya nyalakan dulu modemnya, kemudian pas sudah ready / nyala tekan tombol reset yang tersembunyi itu sampai modemnya mati terus nyala lagi.
 Apabila ada penjelasan saya yang tidak kalian mengerti, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ya...

Hubungkan Modem ZTE F609 dengan Komputer

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah menghubungkan modem ZTE F609 kalian dengan komputer / laptop. Terserah mau dicolokin di Port LAN yang mana, pilih saja antara LAN 1 sampai LAN 4. Terus jangan lupa modemnya dinyalakan.

Login ke Halaman Admin

Halaman Login ZTE F609

Setelah modem nyala dan siap dikonfigurasi, yuk simak default konfigurasi modem ZTE F609 ini
  • IP Address : 192.168.1.1
  • Username : admin
  • Password : Telkomdso123
Kalian coba dulu dengan password Telkomdso123, kalau tidak bisa kalian coba dengan password admin. Kalau masih tidak bisa, kalian reset lagi modemnya agar bisa masuk ke halaman admin seperti pada gambar di bawah ini.
Halaman Admin ZTE F609

Seperti itulah tampilan halaman admin / konfigurasi modem ZTE F609.

Konfigurasi Koneksi WAN

Karena ZTE F609 adalah modem fiber optik, maka agar bisa dijadikan sebagai Access Point harus dikonfigurasi dulu koneksi WAN nya dengan tipe bridge. Caranya adalah sebagai berikut.

  1. Klik menu Network
  2. Klik menu WAN
  3. Klik menu WAN Connection
Sehingga muncul halaman konfigurasi WAN seperti pada gambar berikut

Halaman Konfigurasi WAN ZTE F609

Selanjutnya kita buat koneksi baru, ikuti gambar berikut.

Create WAN Connection ZTE F609

Setelah itu klik tombol Create, dan selesai. Setelah membuat koneksi bridge, langkah selanjutnya yaitu menggabungkan beberapa Port LAN dengan WiFi keduanya saling terhubung. Ikuti gambar berikut.

Port Binding ZTE F609

Cukup konfigurasi WAN nya, sekarang lanjut ke...

Konfigurasi SSID WiFi

Konfigurasi WiFi ZTE F609

SSID disebut juga dengan nama sinyal wifi. Hehe, bahasa kasarnya gitu. Wokeh jadi step selanjutnya adalah memberi nama pada WiFi atau bahasa gaul nya Mengubah SSID. Caranya adalah sebagai berikut
  1. Klik menu Network
  2. Pilih menu WLAN
  3. Selanjutnya klik menu SSID Settings
Sehingga muncul halaman Konfigurasi SSID seperti berikut.

Pilihan SSID ZTE F609

Di halaman SSID Settings terdapat pilihan SSID mulai dari SSID1 sampai SSID4, jadi ZTE F609 ini bisa memancarkan sampai 4 SSID / Nama WiFi. Tetapi yang kita gunakan kali ini hanya SSID1 saja, sehingga konfigurasinya seperti gambar berikut.

Mengganti SSID ZTE F609

Untuk mengganti nama SSID kita ganti saja di bagian SSID Name misalnya pada gambar di atas saya ganti dengan KholisX. Setelah diganti jangan lupa klik tombol Submit.
Langkah selanjutnya yaitu konfigurasi password WiFi, caranya klik saja menu Security di bawah menu SSID Settings. Sehingga muncul seperti gambar berikut.

Mengubah Password WiFi ZTE F609

Untuk mengganti password ubah saja di bagian WPA Passphrase dengan password yang kalian inginkan, yang penting paling sedikit 8 huruf, dan jangan lupa klik tombol Submit kalau sudah selesai.

Konfigurasi IP Address dan DHCP Server

Karena ZTE F609 ini kita gunakan sebagai Access Point yang mengikuti router utama, maka kita harus menyesuaikan konfigurasi ZTE F609 dengan router utama dan mematikan DHCP server agar tidak bentrok dengan DHCP Server router utama. Caranya sebagai berikut.
  1. Klik menu LAN
  2. Klik menu DHCP Server
Sehingga muncul halaman seperti pada gambar berikut.

Default Konfigurasi IP Address ZTE F609

Gambar di atas adalah default konfigurasi Modem ZTE F609, sehingga harus kita sesuaikan konfigurasinya dengan Router utama yang akan kita gabungkan dengan modem ini. Contohnya seperti berikut
  • Router Utama
  • IP Address : 192.168.100.1
  • Subnet Mask : 255.255.255.0
Maka kita harus sesuaikan dengan IP Router utama, dan IP Address nya tidak boleh sama dengan router utama, umumnya berada di akhir range IP address. Misalnya seperti gambar berikut.

Konfigurasi IP Address dan DHCP Server ZTE F609

Seperti gambar di atas, ip address ZTE F609 saya ubah menjadi 192.168.100.254 dan jangan lupa matikan DHCP Server dengan cara membuang ceklist pada Enable DHCP Server.

Konfigurasi Selesai

Setelah konfigurasi WAN, WiFi dan LAN cukup sudah step by step konfigurasinya, sekarang saatnya mencoba konfigurasi yang sudah kita buat pada ZTE F609 dengan cara memeriksa apakah sinyal WiFi yang kita konfigurasi sudah muncul atau tidak. Saat praktik ini konfigurasi saya berhasil dan muncul sinyal WiFi baru dengan nama KholisX seperti pada gambar berikut.

Sinyal WiFi ZTE F609

Mudah kan konfigurasinya? Wokehlah cukup sampai di sini dulu tutorial singkat tapi panjang ini, semoga tutorial ini bermanfaat, jangan lupa share tutorial ini di sosial mediamu dan jangan lupa subscribe ke blog ini agar kalian tidak ketinggalan tulisan-tulisan dari blog saya ini.

UPDATE - F609 Tidak Ada Bridge Connection

Buat kalian yang modem ZTE F609 nya tidak ada Bridge Connection, silahkan download file User Backup kemudian restore saja file backup yang sudah saya sediakan, caranya
  1. Login ke ZTE F609 menggunakan user admin
  2. Klik menu Administration
  3. Klik menu System Management
  4. Klik menu User Configuration Management
  5. Pilih Choose File kemudian cari file bin yang sudah kalian download
  6. Kemudian klik Restore Configuration

Setelah itu tunggu sampai proses restore configuration selesai.

Informasi ZTE F609 Setelah Restore Backup

IP : 192.168.10.252
User : admin
Password : Telkomdso123
SSID : Nasi@WiFi - 3
DHCP : Disabled

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUFUS TERBARU

Sebuah Aplikasi bootable sebagai pengganti CD Rom untuk melakukan install ulang komputer dengan berbasis windows baik itu windows 7, windows 8, windows 10 dengan aplikasi ini mampu meminimalisir alat sederhana yaitu dengan menggunakan USB instaler (Flashdisk) Cara Menggunakan Rufus untuk Install Windows 10 Untuk membuat flashdisk bootable , pastikan terlebih dahulu kamu memiliki file mentahan Windows 10 yang berformat .iso . Selain itu tentu juga sediakan flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB ya! Sudah siapkah? Langkah - 1 (Download Rufus) Setelah memastikan beberapa persyaratan di atas, pertama kali kamu bisa men-download Rufus dan melakukan instalasi di PC atau laptop kamu. Untuk tautan download Rufus sudah Jaka sediakan di bawah ini ya. Langkah - 2 (Instalasi Rufus) Lakukan instalasi Rufus seperti layaknya kamu meng-install software PC atau laptop. Jika sudah, kamu bisa menancapkan flasdisk ke P

Adobe Photoshop

Blackmagic Fusion Studio 16.1.0.18 Full Version November 2, 2019 Design Graphic , Software Blackmagic Fusion Studio 16.1.0.18 Full Version merupakan salah satu dari sekian software desain yang banyak digunakan untuk mendukung pembuatan film hollywood terbaik. Software ini di lengkapi dengan beberapa fiture visual effect, broadcast, Motion Grafis dan… Imagenomic Noiseware Pro 5.0.3 Terbaru November 2, 2019 Adobe , Design Graphic Imagenomic Noiseware Pro 5.0.3 Terbaru full version adalah software atau bisa di bilang plug in untuk photoshop yang mana fungsinya untuk menghilangkan NOISE dari Photo anda. Apa itu NOISE.. Noise itu.. bintik bintik yang biasanya… Imagenomic Portraiture 3.0.2 build 3027 Full Version November 2, 2019 in Design Graphic , Plugins Imagenomic Portraiture 3.0.2 build 3027 Full Version untuk Photoshop adalah sebuah plugin untuk photoshop yang mana berfungsi sebagai Retouche wajah sehingga ak